RAPAT PIMPINAN PTKIS KOPERTAIS IV WILAYAH SURABAYA

Rapat Pimpinan (Rapim) Kopertais 4 Wilayah Surabaya telah selesai digelar. Acara tersebut diselenggarakan selama dua hari, sabtu dan ahad, tanggal 27-28 April 2024, bertempat di hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya.

Rapim kali ini mengambil tema “Penguatan Tata Kelola PTKIS Menuju Akreditasi Unggul”, dengan pemateri utama, Prof. Dr. Abu Rokhmad, M.Ag, Plt. Direktur Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Dalam ceramahnya, Prof. Abu Rokhmad menekankan pentingnya pelayanan mahasiswa dan upaya peningkatan mutu kampus. Peningkatan yang dimaksud antara lain meliputi peningkatan jabatan fungsional dosen, sarana prasarana kampus, dan lainnya. Meskipun tidak besar, bila diupayakan secara rutin (tahunan) maka peningkatan mutu tersebut tentu menjadi pendorong meningkatnya kualitas seluruh elemen suatu perguruan tinggi.

Sejalan dengan Prof. Abu Rokhmad, dalam kata sambutannya, Kordinator Kopertais Wilayah 4, Prof. Akh. Muzakki, Grad. Dip. SEA, M.Ag, M.Phil, Ph.D, menyampaikan sebuah gambaran menarik, tentang Pasar Keputeran. Sebuah pasar dengan barang dagangan yang relatif sama, yaitu sayuran, dalam jumlah besar namun dalam hitungan sekitar tiga sampai empat jam sudah terjual semuanya. Jawabannya satu, karena di situ terdapat market yang besar. Antara harga, kualitas barang, dan tingkat kebutuhan masyarakat bergerak seimbang. Dan inilah tantangan PTKIS saat ini, bagaimana sekiranya seluruh kampus PTKIS, meskipun berada di bidang yang sama tetapi seluruhnya dapat memberi kontribusi yang maksimal pada kebutuhan di masyarakat. Salah satu kuncinya adalah kembali pada mutu atau kualitas, sehingga peningkatan mutu perguruan tinggi merupakan keniscayaan yang tidak bisa ditawar lagi.

Alhamdulillah, Ketua STITNU Al Hikmah Mojokerto, Dr. H. Achmad Muchammad, M.Ag, turut berpartisipasi dalam acara tersebut, selain sebagai upaya menjalin silaturahmi dengan Kopertais, para pimpinan PTKIS di Wilayah 4 Surabaya, juga merupakan ajang menimba wawasan dan pengetahuan untuk bekal STITNU Al Hikmah ke depan yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *