STITNU Al Hikmah Mojokerto Menggelar Kegiatan LDKM dan Perkemahan Macan Ranu

Bapak Muhammad Yusuf Efendi, M.Pd. Selaku Wakil Ketua I sedang memberikan materi Problem Solving

Dalam rangka menjalankan kegiatan tahunan kampus tahun 2022, STITNU Al Hikmah Mojokerto menggelar kegiatan LDKM (Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa) dan Perkemahan Macan Ranu yang dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu tanggal 26-27 November 2022 yang bertempat di Kawasan Ponpes Nurul Qolbi Gondang Mojokerto.

Kegiatan ini diadakan guna memberikan pelatihan dasar kepemimpinan pada mahasiswa sekaligus perkemahan yang memberikan suatu pengalaman berharga bagi para calon calon guru pendidik. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang bersifat wajib dimana setiap mahasiswa baru harus mengikuti kegiatan ini yang nantinya akan mendapatkan sertifikat. Dalam kegiatan ini cukup banyak partisipan yang mengikuti segala rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan, kegiatan ini di ikuti 75 mahasiswa dari Prodi PGMI & PIAUD. Banyak sekali rangkaian kegiatan acara yang dipersiapkan oleh panitia yang terdiri dari :

  • Kegiatan Materi, kegiatan ini diisi oleh 3 pembicara yang menjelaskan tentang banyak hal yang ditujukan untuk memberikan wawasan dasar kepemimpinan pada mahasiswa, yaitu Bapak ilyas, S.Pd  selaku pemateri yang menjelaskan tentang materi Leadership. Bapak Nasirudin, M.Pd selaku pemateri yang mejelaskan tentang materi Manajemen dan Administrasi dan yang terakhir Bapak M. Yusuf Effendi, M.Pd selaku pemateri yang menjelaskan tentang materi problem solving.
  • Kegiatan Micro Teaching, kegiatan ini merupakan kegiatan dimana mahasiswa dibentuk kelompok kelompok yang setiap kelompok diberikan tugas untuk menampilkan praktek sebuah pengajaran seorang guru kepada siswanya. Dan materi yang di praktekkan dalam micro teaching ini mengenai  materi kepramukaan.
  • Kegiatan Upacara Api Unggun. Seperti hal nya dalam kegiatan perkemahan pramuka pada umunya, kegiatan ini juga melaksanakan kegiatan upacara api unggun guna melatih kedisiplinan sikap, pengajaran dalam dasa dharma pramuka, pengalaman untuk calon pendidik yang nantinya akan memandu para muridnya dalam hal kepramukaan.
  • Kegiatan Pentas Seni. Kegiatan ini dilaksanakan setelah upacara api uggun yang bersifat hiburan,  jadi dari masing masing kelompok mahasiswa wajib memberikan sebuah penampilan menarik yang terdiri dari penampilan menari, menyanyi, dan banyak lagi penampilan penampilan gabungan yang sangat kreatif.
  • Kegiatan Senam Pagi
  • Kegiatan Platting Makanan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memunculkan kreatifitas mahasiswa/kelompok dalam menghias sebuah makanan menjadi makanan yang indah dan menarik
  • Kegiatan Outbond. Kegiatan ini memberikan pengalaman seru yang diikuti seluruh mahasiswa bermain sambil melatih kekompakan.

Alhamdulillah kegiatan LDKM dan Perkemahan Macan Ranu berjalan dengan lancar dan ditutup oleh Bapak Dr. H. Achmad Muhammad, M.Ag selaku ketua STITNU Al Hikmah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *