Pola Asuh yang Mencerahkan

Diposting pada: 2016-01-14, oleh : STITNU AL HIKMAH, Kategori: Recharge of Mind and Character

Hari ini, kamis 14 januari 2016 penulis mendapat kesempatan untuk mngisi parenting di Yapi Bahrul Ulum Gempol Pasuruan dalam rangkaian program sinergitas Praktik Penglaman Lapangan (PPL) mahasiswa STITNU AL Hikmah Mojokerto dengan pelatihan pengembangan keilmuan dosen sehingga mengajar, meneliti dan PkM menjadi kesatuan yang tak terpisahkan.

Panitia memberikan informasi bahwa orangtua sebagian besar murid yang bersekolah di lembaga ini adalah pekerja pabrik sehingga saat sekolah TK yang mengantar adalah neneknya. Dengan permasalahan seperti ini maka pola asuh orangtua perlu dikelola sehingga hak anak untuk mendapatkan proses pengasuhan sesuai dengan fitrah anak. Keterbatasan waktu untuk memberikan perhatian pada anak perlu kreatifitas orangtua untuk membuat interaksi yang berkualitas.

Hal penting dalam mengasuh anak adalah pemahaman orangtua tentang konsep pengasuhan anak. Pendidikan orangtua tentang anak dengan segala permasalahannya menjadi urgen. Berbahagialah bagi orangtua yang mempunyai latar belakang pendidikan bidang ilmu pendidikan, khusunya anak usia dini. Jika orangtua tidak mempunyai pendidikan tentang pola asuh anak, maka perlu ada pelatihan dan pemahaman secara terukur dan terstruktur terhadap proses bagaimana mencerahkan masa depan anak dengan pola asuh yang benar.

Dalam Konteks psikologi anak, anak butuh keteladanan dalam belajar, maka teladan orangtua dalam kehidupan sehari-hari menjadi kurikulum (hidden curiculum) yang mahal nilainya, misalnya setelah maghrib orang tua selalu membaca apapun (bisa al qur-an, buku, dll) untuk mendampingi anak belajar, konsep ini pernah diterapkan seorang guru sehingga kedua putrinya sukses belajar di Universitas Brawijaya dan ITS Surabaya. Membawa anak ke dalam lingkungan yang bagus misalnya ke TPA, TPQ ataui mendorong anak untuk berangkat ke musholla danmasjid lebih awal sehingga dapat bercengkerama dengan teman sebaya yang mempunyai akhlaq yang positif, konsep ini banyak ditemukan guru ngaji al qur-an walau anaknya tidak mengaji secara formal namun mendengar dan bergaul dengan anak yang mengaji seringkali anak model ini mempunyai kemampuan membaca al qur-an lebih baik karena pergaulan. Keramahan orangtua menjadi cerminan bagi anak, sehingga pendidikan kasih sayang orangtua sangat penting, penulis pernah menemukan orangtua yang dengan kesabaran dan ketelatenanya di saat mengantar atau menjemput anaknya di TPQ menyempatkan diri untuk jalan-jalan hanya sekedar tadabbur alam, atau memenuhi keiinginan anak membeli sesuatu yang disenangi. Kasih sayang tidak harus memenuhi kebutuhan materi, namun kasih sayang harus dikontruk untuk kepentingan anak di masa mendatang, penulis menemukan ada orangtua dengan segala keterbatasannya dalam hal materi saat anak menginginkan sesuatu dengan ketrampilannya sang ibu mendongeng sehingga anak tidak merengek lagi, bahkan makna dari kisah dongengnya menjadi nilai etika dan moral yang besar nilainya bagi seorang anak. Yang pasti untuk menjadikan anak berakhlaq al karimah, anak mempunyai keberagamaan yang baik,  orangtua mempunyai peran yang sangat penting karena akhlaq dan agama menjadi ranah pendikan informal.

Ada konsep spiritualitas yang dikembangkan para ulama untuk mendaikan anaknya lebih baik diantaranya mendoakan dalam setiap habis salat maktubah, berpuasa dan bermujahadah untuk kebaikan anak, bahkan mendoakan disetiap spertiga akhir malam dengan mengabsen satu persatu anaknya untuk didoakan sesuai dengan bakat dan potensinya.

 

 

Padepokan Agung Al Hikmah Trowulan, 14 Januari  2016

Abi sielkila



Warning: Illegal string offset 'isi_pengaturan' in /home/stitnual/public_html/kontenweb/modul/detberita.php on line 78
Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http://
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Apakah Website sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
141675 Total Hits Halaman
24387 Total Pengunjung
38 Hits Hari Ini
12 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online